Perjalanan Wisata Alam Liar

Bagi kamu yang senang wisata petualang, tentu saja wisata alam liar seperti memasuki kawasan hutan akan menjadi aktifitas yang menyenangkan. Ada banyak sekali sekali hal menarik yang akan kamu temukan saat menjelajah melakukan perjalanan wisata alam liar, mulai dari mengenal berbagai binatang, tumbuhan, menikmati keindahan alam, belajar untuk bertahan hidup dialam dan masih banyak lagi hal menarik lainnya. Tapi karena wisata di alam liar ini berbeda dengan wisata indoor atau tempat wisata kota lainnya, maka sebaiknya persiapan yang matang juga dilakukan. Memang melakukan perjalanan wisata alam liar memang identik dengan petualangan pribadi, tapi kamu juga harus tahu bahwa saat ini juga sudah ada banyak sekali paket wisata yang menawarkan wisata alam liar.
Ketika berencana untuk melakukan travelling into the wild atau melakukan perjalanan wisata di alam liar, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan semua perbekalan sesuai kebutuhan. Rencanakan kegiatan dan ikuti prosedur yang berlaku. Sebaiknya juga kamu melakukan perjalanan ini secara berkelompok, karena akan semakin beresiko kalau kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata alam liar seorang diri. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan sikap dan mental seperti misalnya tidak mudah panik, selalu disiplin dan berpikir jernih dan yang paling penting adalah selalu optimis serta waspada dan membuat keputusan dengan tenang. Siapkan keyakinan dan kepercayaan diri kamu. Buatlah itinerary yang matang bersama dengan kelompok kamu.
Konsep wisata alam liar sendiri memang variatif, misalnya mendaki pegunungan, hutan, menyusuri sungai, pulau kecil dan sebagainya. ini nih yang harus kamu pahami sejak dini, menentukan tempat tujuan dan kemudian mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang alam liar yang akan dikunjungi tersebut, bahkan jika memang memungkinkan cobalah untuk mencari beberapa itinerary dari orang lain yang sudah pernah atau bahkan sering melakukan perjalanan wisata di alam liar. Ini akan membantu kamu dan kelompok untuk lebih mudah dalam membuat itinerary dan juga lebih mengenal kondisi alam di tempat yang akan dikunjungi nantinya, ini penting untuk menghindari agar tidak tersesat. Karena saat melakukan perjalanan wisata di alam liar dan kamu tidak mengenali meda, maka kemungkin untuk tersesat akan semakin besar. Nah, jika sampai kamu dan kelompokmu tersesat saat melakukan perjalanan wisata di alam liar, maka usahakan kembali ke jalur semula. Gunakan tanda sebagai jejak ketika telah melewati jalur tertentu. Hindari jalur lembah yang akan membuat kamu sulit dilihat orang lain dan yang paling penting adalah turunlah ke sungai hanya untuk mengambil air, karena binatang liar menjadikan sungai sebagai sumber kehidupan mereka.
Saat kamu memutuskan untuk mengambil paket liburan di alam bebas, hewan liar mungkin adalah kendala utama. Karena seperti diketahui bahwa alam liar merupakan habitat dari para binatang liar dan buas. Tapi tidak perlu khawatir, berikut kami berikan tips-tips yang bisa kamu ikuti berkaitan
• Jauhi hewan yang sedang bersama anaknya
Sebenarnya, semua hewan liar umumnya akan menghindari manusia, kecuali jika mereka merasa terpojok atau terancam, misalnya saat mereka sedang bersama dengan anaknya. Karena naluri melindungi anak pada hewan begitu tinggi, maka begitu ia melihat ada manusia secara alami ia akan lebih agresif untuk melindungi anaknya. contoh bahkan meskipun sebanarnya kamu tidak memiliki maksud untuk mengganggu atau mengusik mereka. jadi sebaiknya selalu hindari binatang liar yang sedang bersama anaknya agar kamu tidak diserang.
• Hindari perjalanan pada malam hari
Melakukan perjalanan wisata alam liar di malam hari sangat tidak direkomendasikan, selain karena cahaya yang minim dan gelap, kebanyakan hewan buas juga aktif pada malam hari. Karena itu, sebaiknya rencakan perjalanan wisata alam liar kamu pada saat pagi atau siang hari. Selain itu, ketika malam hari dan kamu tidak mengetahui medan, ini juga akan berbahaya karena peluang seperti terperosok dan tersesat tentu akan semakin besar. Jika memang berencana untuk bermalam, sebaiknya hentikan perjalanan dan bangunlah tenda di tempat yang aman pada malam hari.
• Jangan panik saat bertemu ular
Ular adalah binatang yang mungkin paling banyak kamu temui saat melakukan perjalanan di alam liar. Meskipun sebagian besar ular yang ada di Indonesia tidak berbisa, namun tetap saja ular adalah binatang yang harus diwaspadai. Yang paling penting untuk dilakukan saat bertemu ular adalah jangan panic, karena jika kamu panic saat melihat ular, ular tersebut justru akan menyerang. Sebaiknya cukup diam di tempat, jangan ganggu ular dengan lemparan batu atau suara ribut. Suasana sekitar yang tenang membuat ular merasa aman, sehingga tidak menyerang.
• Gunakan pakaian safety
Penting sekali memerhatikan pakaian safety saat hendak melakukan travelling into wild, ini karena medan yang keras dan juga kondisi alam yang cenderung sulit ditebal. Sebaiknya gunakan sepatu boot, celana dan baju lengan panjang yang melindungi tubuh dengan smepurna. Jangan lupa juga untuk mengenakan topi.
• Jangan gunakan wewangian
Aroma wangi baik dari parfum, sabun atau lainnya bisa mengundang serangga, seperti lebah.
• Jangan duduk di pohon tumbang atau batuan besar
Hindari duduk sembarangan di pohon tumbang atau batuan besar, karena ular atau kalajengking umumnya senang bersembunyi di sela-sela batu dan kayu. Sebelum memutuskan untuk duduk dan beristirahata, periksalah dengan seksama apakah tempat yang akandiduduki tersebut sudah aman atau tidak.
Memang melakukan perjalanan di alam liar adalah hal yang sangat mengasyikkan, terutama jika memang Anda senang dengan tantangan dan petualangan. Dengan bersahabat dengan alam dan tahu bagaimana menghadapi setiap permasalahan yang mungkin di hadapi selama dalam perjalanan, tentu saja akan membuat perjalanan tidak hanya lebih menyenangkan, tetapi juga seru dan asyik. Beberapa hal penting yang harus kamu pahami selain bagaimana menghadapi hewan liar saat menjelajah alam liar adalah perihal makanan. Memang tidak diragukan lagi bahwa manusia membutuhkan makan agar energi tetap terjaga. Membawa bekal makanan adalah yang terbaik, tapi bagaimana jika Anda kehabisan bekal sementara perjalanan masih panjang. Ketika berada di posisi tersebut, kamu harus tahu tumbuhan yang aman untuk dikonsumsi dan menghindari tumbuhan yang beracun dan berbahaya untuk dikonsumsi. Hutan hujan tropis memiliki banyak tumbuhan yang bisa dikonsumsi seperti tumbuhan. Jika ingin aman, memilih paket tour wisata alam liar yang professional dan terpercaya juga bisa menjadi pilihan.
Bagi kamu yang ingin sekali melakukan perjalanan wisata alam liar, terdapat beberapa daftar atau checklist yang harus diperhatikan, diantaranya adalah bekal makanan yang cukup, P3K dan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan, korek api, senter, alat keselamatan diri, tenda jika ingin bermalam dan berbagai keperluan lain yang tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kamu dalam melakukan perjalanan wisata di alam liar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s